Tuesday, April 19, 2016

#PETGAME - KONSEP PEMBUATAN SCRIPT GAME

Share it Please
Pada postingan kali ini akan membahas konsep pembuatan script game, pada konsep ini terdapat 3 hal pokok yaitu desain skenario, script dan storyboard. Sebelum kita membahas lebih dalam kita mengenal dahulu untuk konsep script membuat game.


Untuk mengetahui lebih lanjut dengan pembahasan kali ini, pengertian script bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses.  Sebuah skrip pemrograman adalah kode yang dapat meningkatkan fungsionalitas dari sebuah situs web. Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin menarik, dan interaktif serta terlihat lebih bagus (biasanya loadnya lama) . Bahasa dasar yang di pakai setiap situs adalah HTM macam-macam script, PHP, ASP, JSP, Java Script, Java Applets, VBScript.

Kemudian saat membuat script pada game terdapat 3 hal pokok yaitu:
1.      Skenario


Skenario adalah sebuah  cerita khusus untuk melatarbelakangi kejadian – kejadian dalam game,  rancangan awal pada membuat game dengan menggunakan skenario game  akan menentukan tahap – tahap membuat game. Skenario dapat menentukan interior dan eksterior, dekor, pemain, studio serta menentukan program game, grafik, animasi dan suara.
Skenario sangat penting digunakan dalam  merancang sebuah game, serta game akan tertata rapih. Tanpa menggunakan skenario game tidak akan sesuai aturan atau acak – acakan.  

2.      Script



Secara umum script adalah naskah skenario. Kata scenario lebih cocok apabila menggambarkan pengertian script pada umumnya. Script terdapat juga pada  bahasa pemrograman yang menyediakan untuk menerjemaahkan dan kompilasi kode. Script itu sendiri mempunyai tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter, digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih komplek. Contohnya menyisipkan assembly ke dalam program pascal untuk mengakses hardware pada tingkat bahasa yang rendah.
Untuk menerjemaah skrip tersebut tidak perlu suatu compiler khusus yang komplit, hanya membutuhkan compiler khusus saja. Dalam pengaksesan halaman web skrip diakses melalui browser di internet, sedangkan bahasa pemrograman diaksses dengan membuka file / program aplikasinya.



3.      Storyboard Game

Dalam membangun sebuah aplikasi langkah pertama yang akan dirancang adalah storyboard. Storyboard adalah rancangan gambar yang tersusun sesuai skenario. Dengan menggunakan storyboard kita dapat merancang imajinasi dan membuat orang menarik sehingga menghasilkan peresepsi yang bagus.
Storyboard tersebut terdapat goal / mission yang akan dibuat pada alur game itu sendiri seperti apa tergantung dari masing – masing jenis gamenya. Jika game tersebut menggunakan genre arcade maka alur cerita tersebut berfokus untuk mendapatkan nilai setinggi mungkin.

Istilah “Storyboard” telah digunakan dibidang pengembangan web, pengembangan perangkat lunak dan perancangan instruksi untuk mempresentasikan dan menjelaskan kejadian interaktif seperti suara dan gerakan biasanya pada antarmuka pengguna, halaman elektronik dan layar presentasi. Sebuah Storyboard media interaktif dapat digunakan dalam antarmuka grafik pengguna untuk rancangan rencana desain sebuah website atau proyek interaktif sebagaimana alat visual untuk perencanaan isi.

Sebaliknya, sebuah site map (peta) atau flow chart (diagram alur) dapat lebih bagus digunakan untuk merencanakan arsitektur informasi, navigasi, links, organisasi dan pengalaman pengguna, terutama urutan kejadian yang susah diramalkan atau pertukaran audiovisual kejadian menjadi kepentingan desain yang belum menyeluruh.
Salah satu keuntungan menggunakan Storyboard adalah dapat membuat pengguna untuk mengalami perubahan dalam alur cerita untuk memicu reaksi atau ketertarikan yang lebih dalam. Kilas balik, secara cepat menjadi hasil dari pengaturan Storyboard secara kronologis untuk membangun rasa penasaran dan ketertarikan.

No comments:

Post a Comment

Followers

Follow The Author