Saturday, March 19, 2016

#PETGAME - Aspek Bisnis Dalam Dunia Game

Share it Please
             Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah game, bahkan semua kalangan dari anak kecil sampai orang tua pasti mengenal istilah ini. Saat ini sudah banyak bermacam-macam game yang sudah beredar luas di luar sana. 
Dan setelah beredarnya game di era - era jaman sekarang banyak yang memanfaatkan bisnis game. Pada aspek bisnis dalam dunia game dapat meliputi beberapa bisnis, yaitu:

1. WARNET (Warung Internet)


Warung Internet adalah sebuah kata yang berkembang di antara para aktivis Internet Indonesia pada tahun 1997-1998 untuk sebuah kios yang memiliki banyak komputer untuk di sewakan bagi pengakses Internet. Pada masa itu, secara tidak sadar terjadi perebutan singkatan dari Warung Internet antara WARIN dan WARNET. Seharusnya jika kita konsisten dengan proses menyingkat kata, seperti WARTEG (Warung Tegal) dan WARTEL (Warung Telekomunikasi), maka yang seharusnya di pilih adalah WARIN.
Karena Internet, .NET, menjadi akhiran yang sangat menarik dalam jaringan Internet, maka kebanyakan rekan-rekan pada masa itu lebih memilih istilah WARNET daripada WARIN. Oleh karena itu tidak heran hingga saat ini WARNET diadopsi oleh masyarakat Indonesia.

1 Juli 1995, di bentuk PT BoNet Utama yang merupakan adalah ISP swasta kedua setelah Indonet Jakarta. Kantor pertama BoNet terletak di Cafe Botanicus tengah Kebun Raya Bogor, yang secara naluriah langsung membuat warnet yang dikhususkan untuk turis-turis yang sedang berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Oleh karena itu, cukup sepadan jika kita mengatakan bahwa WARNET di Bogor dan juga di Indonesia adalah BoNet yang waktu itu terletak di tengah Kebun Raya Bogor.
Beberapa WARNET awal Indonesia lainnya antara lain adalah:
  • BONET
  • CCF Surabaya
  • Cyber Corner Jkt
  • Toko Gunung Agung Jkt
  • Maga Yogya
  • GAMA Net Yogya
  • Pujayo Cafe Net Yogya
  • Pointer
Aktivitas pembuatan WARNET cukup marak di 1996-1998, beberapa pemain yang dominan antara lain adalah Wasantara dari PT. POS Indonesia, BONET dan POINTER adalah segelintir WARNET awal Indonesia.

Fungsi dan manfaat didirikannya warnet itu sendiri adalah untuk membantu para pengguna untuk memenuhi kebutuhannya akan internet apabila pengguna tersebut tidak memiliki koneksi internet dirumahnya.
Warnet itu sendiri sering dijadikan sebagai tempat atau ajang lomba asah kreativitas kita di dalam bidang teknologi informasi, seperti pengadaan lomba permainan online yang berhubungan dengan ketangkasan anak dalam memainkan sebuah permainan, lomba essai tentang dunia internet masa kini, dan lomba – lomba lainnya.
Warnet vs Cyber Crime?
Banyak yang tertolong dengan adanya warnet, namun ada juga yang mencibir dan memandang sebelah sebuah warnet. Ada yang mengatakan warnet hanyalah tempat yang kurang bermanfaat dan tempat yang berbahaya bagi banyak penggunanya.


2. Voucher Game Online 



Salah satu permainan yang paling diminati dewasa ini adalah game online. Seiring dengan perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat, permainan anak jaman sekarang sudah jauh lebih canggih dibandingkan dengan jaman dulu yang hanya memberikan permainan tradisional saja. Walaupun game online ini awalnya dibuat untuk anak-anak, namun pada kenyataannya game online yang sudah memiliki beragam model permainan dan animasi yang sangat menarik tidak hanya diminati oleh anak-anak saja, bahkan orang dewasa pun sangat menggemari game online hingga seringkali karena terlalu asyik bermain mereka sampai lupa dengan waktu. Game online ini tidak terlepas dari koneksi internet dan voucher game online.
Tahukah Anda apa itu voucher game online? Barangkali bagi beberapa orang belum mengetahui voucher game online dan hubungannya dengan game online, namun untuk para gamer sejati voucher game online tidak bisa jauh dari hobi game yang asyik mereka mainkan. Voucher game online merupakan sejumlah nilai yang dipergunakan untuk transaksi pembelian atau penyewaan suatu barang atau item (seperti senjata, jubah, dan lainnya) dalam game online yang tidak bisa Anda bayar menggunakan point atau uang yang Anda hasilkan dari game yang Anda mainkan tersebut. Untuk itulah fungsi dari voucher game online sangat dibutuhkan oleh para gamer agar bisa tetap melanjutkan game yang dimainkannya tanpa harus tiba-tiba berhenti atau malahan tidak dapat melanjutkannya karena tidak bisa membeli atau menyewa barang tertentu yang harus ada untuk bisa melanjutkan permainan.
Voucher game online bisa Anda manfaatkan untuk game-game tertentu yang Anda sukai. Seperti misalnya game Ragnarok yang hanya bisa Anda mainkan dengan membayar sebuah server yang biasanya sekitar Rp 60.000 per bulannya, dan disinilah fungsi voucher game online dapat Anda gunakan. Selain itu, apabila Anda ingin membeli berbagai item atau peralatan untuk mendukung pertarungan tersebut, voucher game online ini bisa Anda jadikan koin sebagai alat pembeliannya. Contoh lainnya adalah saat bermain game point black, maka voucher game online ini dibutuhkan agar Anda bisa membeli peralatan seperti senjata, bom, character dan berbagai item yang lainnya. Oleh sebab itulah, Anda sebaiknya memiliki voucher game online karena hampir semua peralatan pendukung game yang Anda mainkan tidak dapat Anda bayar dengan uang cash. Voucher game online bisa Anda dapatkan di tempat yang menjual voucher game online yang bisa Anda temukan dengan mudah melalui Solar Reload.



3. Rental Play Station (PS)


Game asal Jepang ini punya sejarah panjang dalam dunia permainan. Termasuk di antaranya adalah PlayStation besutan perusahaan Sony Entertaiment. Usia konsol yang akrab disebut PS itu cukup panjang, sudah mencapai 20 tahun. Pengguna playstation tidak hanya para remaja, namun seiring dengan berjalannya waktu pengguna playstation antara lain anak dibawah umur dan para orang tua juga ikut menggunakan permainan itu.
PlayStation adalah konsol permainan grafis dari era 32-bit yang awalnya hanya diperuntukkan bagi pengguna di Jepang. Saat itu 3 Desember 1994, PlayStation pertama dirilis untuk gamers Negeri Sakura. Baru nyaris setahun kemudian, PS menjajah ke pasar internasional kemudian PlayStation menjadi sangat terkenal sehingga membentuk “Generasi PlayStation”.
Berikut ini Generasi PlayStation dengan perjalanan panjangnya yang sudah menghasilkan beberapa perangkat dengan ragam teknologi di dalamnya dari masa ke masa yang dirangkum dari berbagai sumber.


Sebelum WARNET (Warung Internet) populer, masyakarat bermain Playstation. Bisnis Playstation sebenarnya termasuk salah satu usaha yang sangat menjanjikan asalkan kita sangat memberi layanan maksimal dan dapat mengolahnya dengan baik. Bisnis ini bisa dikategorikan sebagai usaha sampingan yang bisa dijalankan dirumah baik oleh Ibu Rumah Tangga, Karyawan maupun Mahasiswa. Membuka bisnis rental bisa dilakukan di semua daerah baik daerah perkotaan maupun di daerah perdesaan. Asalkan di daerah tersebut ada banyak anak - anak dan remaja yang sangat Hobi bermain game.

Walaupun sekarang game sudah sangat berkembang, dapat dimainkan di Handphone, namun Bisnis PS ini akan tetap ada karena Playstation memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh game lain yaitu terlihat pada tampilan interface yang jauh lebih baik dibanding gadget lainnya. 




SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Warung_Internet
http://www.kangaliali.com/pengertian-warnet-warung-internet.html
http://solarreload.com/voucher-game-online-dan-manfaatnya/
http://webcache.googleusercontent.com/search?
http://bisnisusaha.info/proposal-analisa-usaha-playstation-memulai-bisnis-rental-modal-kecil/
http://beritateknologi.net/sejarah-panjang-playstation-konsol-yang-gak-ada-matinya/

No comments:

Post a Comment

Followers

Follow The Author